Archive for June, 2017

Mbah Dulkidi – Puasa dan bagaimana mengajarkannya. 

Mbah Dulkidi dan cucunya puasa Ramadhan.
Pada hari Sabtu tgl.27 Mei awal puasa Ramadhan tahun ini, Arif cucu mbah Dulkidi tidak sabar menunggu adzan maghrib dan mengeluh pada eyangnya. (Ini pertama kali Arif berusaha untuk puasa Ramadhan bersama eyangnya).
Arif : “Mbah, maghribnya jam berapa sih?”

Mbah Dulkidi : “Jam 5.30, sabar dong” Jawab eyangnya dengan santai.

Arif : “Kok dari tadi masih jam 3 terus”

Mbah Dulkidi : “Emang kenapa?”

Arif : “Kan pengen cepet buka puasa mbah…, apa kita putar aja jamnya biar jam 5.30 ?”

Mbah Dulkidi : “Ya udah…”

Arif : “Asyikkk…” Kata anak itu dan segera memutar jarum jam sampe ke angka 5.30.

Arif : “Mbah…udah jam 5.30 tuh, buka puasa yok…”

Mbah Dulkidi : “Lho… itukan baru jam di kamar. Di ruang tamu, di ruang tengah, di kamar eyang, dan di dapur belum.”

Arif : “Oh…gitu ya mbah, harus jam 5.30 semuanya?” Respon anak itu manggut-manggut, lalu berlari dan memutar semua jam di rumahnya.

Arif : “Mbah udah semua…” Teriaknya girang.

Mbah Dulkidi : “Jam tetangga-tetangga dan masjid udah?”

Arif : “Lho…kok sampe jam tetangga dan masjid juga??”

Mbah Dulkidi : “Ya iyalah….kan harus jam 5.30 semuanya, baru bisa buka puasa”

Arif : “Ya….capek deh, mending nunggu aja, ketimbang mesti capek-capek muter jarum jam sekampung.”
Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassalam menganjurkan agar orang tua mulai melatih anaknya mengerjakan sholat ketika usia 7 tahun. Ibadah puasa tentunya lebih berat pelaksanaannya dibanding sholat, karena menyertakan kekuatan fisik. Anak bisa mulai dilatih puasa penuh ketika sudah berusia tujuh tahun, tanpa paksaan. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada anak yang sanggup berpuasa sebelum berusia tujuh tahun. Hal ini dikembalikan pada kondisi masing-masing anak. Orang tua hanya berperan untuk mengarahkan dan melatihnya dengan cara-cara yang menyenangkan.
Orang tua tidak perlu terlalu berambisi anak-anaknya harus puasa pada usia dini dengan cara memaksa. Karena apabila anak-anak dipaksa maka akan menimbulkan trauma yang mendalam pada jiwanya.  Apalagi kalau anak belum kuat berpuasa dan merasa sangat tersiksa. Dikhawatirkan akan timbul kebencian dalam diri anak pada agama ini. Alih-alih ingin membimbing anak pada jalan yang lurus untuk meraih ridho-Nya, anak malah membenci dan menjauh. Namun demikian jika anak belum berusia tujuh tahun sudah memiliki keinginan yang kuat untuk berpuasa, maka orang tua harus mendukung dan membantunya.
Sebelum dilatih berpuasa penuh ada baiknya anak dilatih puasa yang lebih ringan, misalnya puasa selama dua jam, setengah hari dst.

Iming2 hadiah yang tidak terlalu mahal juga memotivasi anak untuk menjalani puasa.

admin:

http://www.ikbalpertiwi.blogspot.com

www. ikbal87.wordpress.com

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun sejak dahulu telah dahulu sangat berguna memelihara kecantikan. Tidak heran, minyak zaitun sering digunakan produsen kosmetik. Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang tumbuh di wilayah mediterania yang memberikan intensitas matahari yang banyak. Minyak zaitun sangat dikenal dalam dunia kecantikan, kuliner bahkan kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun tersebut.

Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :

Energi – 3701 kJ (885 kcal)

Karbohidrat – 0 g

Lemak – 100 g.

– Jenuh (14 g)

– Tak jenuh tunggal (73 g)

– Tak jenuh ganda (11 g)

– Omega-3 lemak (<1,5 g)

– Omega-6 leak (3,5-21 g)

Protein – 0 g

Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Sekilas Mengenai Zaitun
Scientific Name – Olea europaea

Family – Oleaceae

Native – Mediterranean Basin

Nama Lain – Jaitun Ka Tel (Hindi), Jeeta Tailam (Telugu), Aliv Enney (Tamil), Oudala Enne (Kannada), Jaitun Ka Tel (Marathi), Oliyenna (Malayalam), Jolopai Tel (Bengali)

Jenis Minyak Zaitun Yang Perlu Anda Ketahui

Virgin Olive Oil – Salah satu produk minyak zaitun yang paling populer, minyak zaitun untuk  minyak goreng yang terkenal dengan kandungan asam yang rendah. Hal ini paling cocok untuk orang yang ingin menikmati manfaat minyak zaitun tanpa mengkhawatirkan kesehatan karena zat asam.

Extra Virgin Olive Oil – Dibuat dengan pendinginan buah zaitun, minyak ini dianggap menjadi yang terbaik untuk tubuh kita. Tapi pikiran Anda, tidak semua orang mampu untuk menggunakan minyak extra virgin karena biaya tinggi.

Pure Olive Oil – Minyak ini sebenarnya merupakan penggabungan dari minyak zaitun halus dan original. Memiliki kandungan asam yang tinggi, dan karenanya tidak cocok untuk digunakan.

Lampante Oil – Tipe yang hanya digunakan sebagai bahan bakar dan tidak cocok untuk memasak.

Berikut ini manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan juga kesehatan. Kita dapat membagi khasiatnya untuk kecantikan kulit hingga untuk kesehatan tubuh.
1. Memberikan Kelembaban Alami Kulit

Orang Indonesia pada umumnya sering mengalami masalah kulit kering, sehingga dibutuhkan makanan kulit alami untuk memberikan kelembapan ekstra seperti manfaat lidah buaya. Kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami. Caranya :

Bersihkan wajah sebelum memakai minyak zaitun

Oleskan sebelum tidur pada kulit wajah, namun Hati-hati untuk mengoleskan minyak zaitun pada daerah sensitif seperti daerah sekitar mata.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. 

3. Menghilangkan Noda Jerawat

Cara menghilangkan noda jerawat yang membandel secara alami, juga dapat dilakukan minyak zaitun. Cukup panaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

4. Anti Inflamasi

Di dalam minyak zaitun dipenuhi oleh antikosidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian pada efek polifenol ini, yang termasuk baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Pada penelitian lain menunjukkan bahwa minyak zaitun ini  berpotensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori.

5. Mengontrol Tekanan darah

Menambahkan minyak zaitun dalam diet sehari-hari lebih dari 6 bulan, yang berlanjut dengan perawatan biasa, dapat mengontrol tekanan darah seperti manfaat ketimun. Pada beberapa kasus yang ditemukan, baik yang bertekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi benar-benar dapat menurunkan takaran obat  atau menghilangkannya sama sekali. Namun, jangan dilakukan tanpa pengawasan dokter.

6. Kolesterol Baik

Minyak zaitun maseuk ke dalam daftar makanan bukan lemak jenuh dan mampu menurunkan kadar kolesterol,  kolesterol tinggi. Namun, pada beberapa penelitian menunjukkan minyak diet lainnya seperti bunga matahari dan minyak canola, memungkinkan dalam penurunan kadar LDL dan jenis kolesterol lain kolesterol yang disebut apolipoprotein B.

7. Pencegahan Kanker

Dari penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh bagi orang yang mengkonsumsi minyak zaitun untuk ini, menurunkan risiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, untuk wanita yang menyukai penggunaan minyak zaitun ini, diduga dapat memberikan perurunan terhadap risiko terjadinya kanker payudara.

8. Pencegahan Stroke

Pada penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa, orang-orang yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih rendah akan resiko penyakit stroke di kemudian hari, daripada yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Meskipun penilitian ini masih bersifat observasional, tapi akan dilakukan pengembangan penilitian langsung kepada objek yang mengkonsumsi ataupun tidak.

9. Lotion Rambut Alami

Rambut yang sering mengalami pengeritingan, pelurusan atau bersinggungan dengan bahan kimia seperti obat rebounding, dapat menimbulkan kerusakan rambut. Minyak zaitun dapat bekerja memberi pertahanan pada rambut, seperti lotion rambut . Caranya :

Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala

Beri sedikit pijatan supaya meresap ke kulit kepala

Kemudian tutplah rambut dengan handuk selama 10 menit

Kombinasikan pemakaian minyak zaitun, dengan manfaat kuning telur atau dengan manfaat madu sebagai masker, untuk mencegah kerontokan.

10. Melebatkan Pertumbuhan Rambut

Minyak zaitun juga dapat membantu problem rambut yang membutuhkan nutrisi untuk melebatkannya. Manfaat alpukat yang dibuat menjadi masker rambut alami, bersama minyak zaitun menjadikan rambut lebat yang luar biasa. Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup oleskan masker pada rambut, kemudian diamkan sebentar hingga meresap lalu di bilas.
Untuk Kesehatan berikut adalah rangkuman khasiat zaitun yang dapat anda coba.

Meningkatkan Kesehatan Kuku

Membantu Mencegah Kanker Payudara

Membantu Mencegah Diabetes

Mencegah Alzheimer

memperkuat Tulang

Mencegah dan mengobati Depresi

Menambah Berat Badan

Meredakan Sembelit

Membantu Menghilangkan Batu Ginjal

Membantu Encerkan kotoran telinga

memperkuat Kehidupan suami istri

Membantu meredakan rasa nyeri

Manfaat Minyak Zaitun Sebagai Aromaterapi
Selain manfaat di atas, minyak zaitun banyak juga banyak digunakan sebagai minyak aromaterapi karena baunya yang khas dan wangi. Juga digunakan sebagai minyak urut/pijat dan campuran masker pada berbagai produk kecantikan. Namun waspadai juga penggunaan minyak zaitun terhadap efek sampingnya. Sebagai aromaterapi Manfaat minyak Zaitun sangat menakjubkan yaitu dapat

Membuat Pikiran Relaks

Membantu menghilangkan stress

Membantu menghindarkan dari gigitan serangga ataupun nyamuk.

Membantu meningkatkan konsentrasi.

Membantu menghilangkan radikal bebas

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Keperluan Kesehatan dan Kecantikan
Selain untuk kesehatan, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan juga tidak kalah luar biasanya. Sudah banyak digunakan oleh para wanita ataupun produsen produk kecantikan .
Untuk kulit

Melembabkan Kulit

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Membantu Hapus Makeup

Memiliki Properti Anti-Penuaan

Sebagai Lip Scrub

Menyembuhkan retak di kaki

Untuk Rambut

Membuat rambut terus sehat

Bisa Digunakan Sebagai Pengobatan Pre-shampoo.

Digunakan untuk mencegah ketombe dan masalah rambut lainnya

Efek Samping di Balik Manfaat Minyak Zaitun
Minyak zaitun kemungkinan aman, baik dikonsumsi secara langsung (sebagai bahan masakan) atau saat dioleskan pada kulit. Minyak zaitun ini secara aman memberikan 14% dari total kalori harian, dari sekitar 2 sendok makan (28 gram) setiap hari. Minyak zaitun telah digunakan secara aman sebagai bagian dari diet gaya Mediterania. Namun terdapat beberapa peringatan khusus bagi penggunaannya :
Kehamilan dan menyusui – Belum ada informasi yang dapat menjadi acuan tentang bagaimana keamanan produk zaitun bagi ibu hamil atau menyusui. Jangan gunakan minyak zaitun dalam jumlah yang lebih besar dari pada jumlah yang biasa ditemukan dalam makanan.

Diabetes – Minyak zaitun dapat menurunkan gula darah, sehingga penderita diabetes harus memeriksa gula darah mereka saat menggunakan minyak zaitun.

Operasi Bedah – Minyak zaitun dapat mempengaruhi gula darah, sehingga penggunaan minyak zaitun ini dapat mempengaruhi kontrol gula darah selama operasi. Berhenti mengkonsumsi minyak zaitun 2 minggu sebelum operasi.

Dibalik khasiat minyak zaitun untuk kesehatan yang cukup sempurna terutama sangat baik untuk jantung, jadi anda dapat mengganti konsumsi minyak anda dengan minyak zaitun. 

%d bloggers like this: