Mbah Dulkidi – Puasa dan bagaimana mengajarkannya. 

Mbah Dulkidi dan cucunya puasa Ramadhan.
Pada hari Sabtu tgl.27 Mei awal puasa Ramadhan tahun ini, Arif cucu mbah Dulkidi tidak sabar menunggu adzan maghrib dan mengeluh pada eyangnya. (Ini pertama kali Arif berusaha untuk puasa Ramadhan bersama eyangnya).
Arif : “Mbah, maghribnya jam berapa sih?”

Mbah Dulkidi : “Jam 5.30, sabar dong” Jawab eyangnya dengan santai.

Arif : “Kok dari tadi masih jam 3 terus”

Mbah Dulkidi : “Emang kenapa?”

Arif : “Kan pengen cepet buka puasa mbah…, apa kita putar aja jamnya biar jam 5.30 ?”

Mbah Dulkidi : “Ya udah…”

Arif : “Asyikkk…” Kata anak itu dan segera memutar jarum jam sampe ke angka 5.30.

Arif : “Mbah…udah jam 5.30 tuh, buka puasa yok…”

Mbah Dulkidi : “Lho… itukan baru jam di kamar. Di ruang tamu, di ruang tengah, di kamar eyang, dan di dapur belum.”

Arif : “Oh…gitu ya mbah, harus jam 5.30 semuanya?” Respon anak itu manggut-manggut, lalu berlari dan memutar semua jam di rumahnya.

Arif : “Mbah udah semua…” Teriaknya girang.

Mbah Dulkidi : “Jam tetangga-tetangga dan masjid udah?”

Arif : “Lho…kok sampe jam tetangga dan masjid juga??”

Mbah Dulkidi : “Ya iyalah….kan harus jam 5.30 semuanya, baru bisa buka puasa”

Arif : “Ya….capek deh, mending nunggu aja, ketimbang mesti capek-capek muter jarum jam sekampung.”
Rasulullah shallalahu ‘alaihi wassalam menganjurkan agar orang tua mulai melatih anaknya mengerjakan sholat ketika usia 7 tahun. Ibadah puasa tentunya lebih berat pelaksanaannya dibanding sholat, karena menyertakan kekuatan fisik. Anak bisa mulai dilatih puasa penuh ketika sudah berusia tujuh tahun, tanpa paksaan. Walaupun tidak menutup kemungkinan ada anak yang sanggup berpuasa sebelum berusia tujuh tahun. Hal ini dikembalikan pada kondisi masing-masing anak. Orang tua hanya berperan untuk mengarahkan dan melatihnya dengan cara-cara yang menyenangkan.
Orang tua tidak perlu terlalu berambisi anak-anaknya harus puasa pada usia dini dengan cara memaksa. Karena apabila anak-anak dipaksa maka akan menimbulkan trauma yang mendalam pada jiwanya.  Apalagi kalau anak belum kuat berpuasa dan merasa sangat tersiksa. Dikhawatirkan akan timbul kebencian dalam diri anak pada agama ini. Alih-alih ingin membimbing anak pada jalan yang lurus untuk meraih ridho-Nya, anak malah membenci dan menjauh. Namun demikian jika anak belum berusia tujuh tahun sudah memiliki keinginan yang kuat untuk berpuasa, maka orang tua harus mendukung dan membantunya.
Sebelum dilatih berpuasa penuh ada baiknya anak dilatih puasa yang lebih ringan, misalnya puasa selama dua jam, setengah hari dst.

Iming2 hadiah yang tidak terlalu mahal juga memotivasi anak untuk menjalani puasa.

admin:

http://www.ikbalpertiwi.blogspot.com

www. ikbal87.wordpress.com

Manfaat Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun sejak dahulu telah dahulu sangat berguna memelihara kecantikan. Tidak heran, minyak zaitun sering digunakan produsen kosmetik. Minyak zaitun berasal dari tanaman zaitun yang tumbuh di wilayah mediterania yang memberikan intensitas matahari yang banyak. Minyak zaitun sangat dikenal dalam dunia kecantikan, kuliner bahkan kesehatan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun tersebut.

Di setiap 100 gram minyak zaitun terdapat sejumlah nilai gizi :

Energi – 3701 kJ (885 kcal)

Karbohidrat – 0 g

Lemak – 100 g.

– Jenuh (14 g)

– Tak jenuh tunggal (73 g)

– Tak jenuh ganda (11 g)

– Omega-3 lemak (<1,5 g)

– Omega-6 leak (3,5-21 g)

Protein – 0 g

Vitamin E – 14 mg (93% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Vitamin K – 62 mg (59% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa)

Sekilas Mengenai Zaitun
Scientific Name – Olea europaea

Family – Oleaceae

Native – Mediterranean Basin

Nama Lain – Jaitun Ka Tel (Hindi), Jeeta Tailam (Telugu), Aliv Enney (Tamil), Oudala Enne (Kannada), Jaitun Ka Tel (Marathi), Oliyenna (Malayalam), Jolopai Tel (Bengali)

Jenis Minyak Zaitun Yang Perlu Anda Ketahui

Virgin Olive Oil – Salah satu produk minyak zaitun yang paling populer, minyak zaitun untuk  minyak goreng yang terkenal dengan kandungan asam yang rendah. Hal ini paling cocok untuk orang yang ingin menikmati manfaat minyak zaitun tanpa mengkhawatirkan kesehatan karena zat asam.

Extra Virgin Olive Oil – Dibuat dengan pendinginan buah zaitun, minyak ini dianggap menjadi yang terbaik untuk tubuh kita. Tapi pikiran Anda, tidak semua orang mampu untuk menggunakan minyak extra virgin karena biaya tinggi.

Pure Olive Oil – Minyak ini sebenarnya merupakan penggabungan dari minyak zaitun halus dan original. Memiliki kandungan asam yang tinggi, dan karenanya tidak cocok untuk digunakan.

Lampante Oil – Tipe yang hanya digunakan sebagai bahan bakar dan tidak cocok untuk memasak.

Berikut ini manfaat minyak zaitun untuk kecantikan dan juga kesehatan. Kita dapat membagi khasiatnya untuk kecantikan kulit hingga untuk kesehatan tubuh.
1. Memberikan Kelembaban Alami Kulit

Orang Indonesia pada umumnya sering mengalami masalah kulit kering, sehingga dibutuhkan makanan kulit alami untuk memberikan kelembapan ekstra seperti manfaat lidah buaya. Kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami. Caranya :

Bersihkan wajah sebelum memakai minyak zaitun

Oleskan sebelum tidur pada kulit wajah, namun Hati-hati untuk mengoleskan minyak zaitun pada daerah sensitif seperti daerah sekitar mata.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini. 

3. Menghilangkan Noda Jerawat

Cara menghilangkan noda jerawat yang membandel secara alami, juga dapat dilakukan minyak zaitun. Cukup panaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

4. Anti Inflamasi

Di dalam minyak zaitun dipenuhi oleh antikosidan jenis polifenol, yang membantu melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan. Senyawa polifenol inilah yang mengandung sifat anti inflamasi. Para ilmuwan telah banyak melakukan penelitian pada efek polifenol ini, yang termasuk baik terhadap tulang dan kesehatan pencernaan. Pada penelitian lain menunjukkan bahwa minyak zaitun ini  berpotensi terhadap peningkatan fungsi otak (kognitif) dan memori.

5. Mengontrol Tekanan darah

Menambahkan minyak zaitun dalam diet sehari-hari lebih dari 6 bulan, yang berlanjut dengan perawatan biasa, dapat mengontrol tekanan darah seperti manfaat ketimun. Pada beberapa kasus yang ditemukan, baik yang bertekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi benar-benar dapat menurunkan takaran obat  atau menghilangkannya sama sekali. Namun, jangan dilakukan tanpa pengawasan dokter.

6. Kolesterol Baik

Minyak zaitun maseuk ke dalam daftar makanan bukan lemak jenuh dan mampu menurunkan kadar kolesterol,  kolesterol tinggi. Namun, pada beberapa penelitian menunjukkan minyak diet lainnya seperti bunga matahari dan minyak canola, memungkinkan dalam penurunan kadar LDL dan jenis kolesterol lain kolesterol yang disebut apolipoprotein B.

7. Pencegahan Kanker

Dari penelitian ditemukan bahwa adanya pengaruh bagi orang yang mengkonsumsi minyak zaitun untuk ini, menurunkan risiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, untuk wanita yang menyukai penggunaan minyak zaitun ini, diduga dapat memberikan perurunan terhadap risiko terjadinya kanker payudara.

8. Pencegahan Stroke

Pada penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa, orang-orang yang mengkonsumsi minyak zaitun lebih rendah akan resiko penyakit stroke di kemudian hari, daripada yang tidak mengkonsumsinya sama sekali. Meskipun penilitian ini masih bersifat observasional, tapi akan dilakukan pengembangan penilitian langsung kepada objek yang mengkonsumsi ataupun tidak.

9. Lotion Rambut Alami

Rambut yang sering mengalami pengeritingan, pelurusan atau bersinggungan dengan bahan kimia seperti obat rebounding, dapat menimbulkan kerusakan rambut. Minyak zaitun dapat bekerja memberi pertahanan pada rambut, seperti lotion rambut . Caranya :

Oleskan minyak zaitun pada kulit kepala

Beri sedikit pijatan supaya meresap ke kulit kepala

Kemudian tutplah rambut dengan handuk selama 10 menit

Kombinasikan pemakaian minyak zaitun, dengan manfaat kuning telur atau dengan manfaat madu sebagai masker, untuk mencegah kerontokan.

10. Melebatkan Pertumbuhan Rambut

Minyak zaitun juga dapat membantu problem rambut yang membutuhkan nutrisi untuk melebatkannya. Manfaat alpukat yang dibuat menjadi masker rambut alami, bersama minyak zaitun menjadikan rambut lebat yang luar biasa. Cara penggunaannya juga cukup mudah, cukup oleskan masker pada rambut, kemudian diamkan sebentar hingga meresap lalu di bilas.
Untuk Kesehatan berikut adalah rangkuman khasiat zaitun yang dapat anda coba.

Meningkatkan Kesehatan Kuku

Membantu Mencegah Kanker Payudara

Membantu Mencegah Diabetes

Mencegah Alzheimer

memperkuat Tulang

Mencegah dan mengobati Depresi

Menambah Berat Badan

Meredakan Sembelit

Membantu Menghilangkan Batu Ginjal

Membantu Encerkan kotoran telinga

memperkuat Kehidupan suami istri

Membantu meredakan rasa nyeri

Manfaat Minyak Zaitun Sebagai Aromaterapi
Selain manfaat di atas, minyak zaitun banyak juga banyak digunakan sebagai minyak aromaterapi karena baunya yang khas dan wangi. Juga digunakan sebagai minyak urut/pijat dan campuran masker pada berbagai produk kecantikan. Namun waspadai juga penggunaan minyak zaitun terhadap efek sampingnya. Sebagai aromaterapi Manfaat minyak Zaitun sangat menakjubkan yaitu dapat

Membuat Pikiran Relaks

Membantu menghilangkan stress

Membantu menghindarkan dari gigitan serangga ataupun nyamuk.

Membantu meningkatkan konsentrasi.

Membantu menghilangkan radikal bebas

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Keperluan Kesehatan dan Kecantikan
Selain untuk kesehatan, manfaat minyak zaitun untuk kecantikan juga tidak kalah luar biasanya. Sudah banyak digunakan oleh para wanita ataupun produsen produk kecantikan .
Untuk kulit

Melembabkan Kulit

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Membantu Hapus Makeup

Memiliki Properti Anti-Penuaan

Sebagai Lip Scrub

Menyembuhkan retak di kaki

Untuk Rambut

Membuat rambut terus sehat

Bisa Digunakan Sebagai Pengobatan Pre-shampoo.

Digunakan untuk mencegah ketombe dan masalah rambut lainnya

Efek Samping di Balik Manfaat Minyak Zaitun
Minyak zaitun kemungkinan aman, baik dikonsumsi secara langsung (sebagai bahan masakan) atau saat dioleskan pada kulit. Minyak zaitun ini secara aman memberikan 14% dari total kalori harian, dari sekitar 2 sendok makan (28 gram) setiap hari. Minyak zaitun telah digunakan secara aman sebagai bagian dari diet gaya Mediterania. Namun terdapat beberapa peringatan khusus bagi penggunaannya :
Kehamilan dan menyusui – Belum ada informasi yang dapat menjadi acuan tentang bagaimana keamanan produk zaitun bagi ibu hamil atau menyusui. Jangan gunakan minyak zaitun dalam jumlah yang lebih besar dari pada jumlah yang biasa ditemukan dalam makanan.

Diabetes – Minyak zaitun dapat menurunkan gula darah, sehingga penderita diabetes harus memeriksa gula darah mereka saat menggunakan minyak zaitun.

Operasi Bedah – Minyak zaitun dapat mempengaruhi gula darah, sehingga penggunaan minyak zaitun ini dapat mempengaruhi kontrol gula darah selama operasi. Berhenti mengkonsumsi minyak zaitun 2 minggu sebelum operasi.

Dibalik khasiat minyak zaitun untuk kesehatan yang cukup sempurna terutama sangat baik untuk jantung, jadi anda dapat mengganti konsumsi minyak anda dengan minyak zaitun. 

Manfaatkanlah waktu sebelum buka puasa dengan banyak berdoa

*DAHSYAT NYA DOA SEBELUM BERBUKA PUASA*
Oleh : Ustadz Alwi bin Ali Alhabsyi
*Ada suatu waktu yang mustajab untuk berdoa, dimana doa tersebut tidak akan ditolak oleh Allah SWT, yaitu berdoa saat “menjelang berbuka puasa” dan “menjelang makan sahur”*, namun sayang banyak kaum muslimin tidak mengetahuinya.
Di Mekkah & Madinah, satu jam sebelum adzan maghrib orang-orang sudah menengadahkan tangan ke langit berdoa untuk kemudahan dari segala hajat, baik hajat dunia maupun akhirat, mereka berdoa dengan syahdu sepenuh keyakinan, sampai-sampai air mata mereka mengalir deras.
Ya, berdoa meminta kpd Allah Yang Maha Kaya.
Kesalahan yang dilakukan kaum muslimin kita di sini (Indonesia) yaitu dengan *menyia-nyiakan waktu yang sangat mustajab ini dengan cara ngabuburit* menjelang adzan maghrib!!! Kemudian berkumpul menghadapi hidangan berbuka dan mereka sudah merasa cukup dengan hanya membaca, “Allahuma lakasumtu… atau dzahaba zhoma’u…”, padahal hanya mencakup maknanya berupa laporan dan ucapan syukur.
*Setelah kita memahaminya, hendaknya minimal 10 ~ 15 menit sebelum adzan maghrib (sudah dalam keadaan berwudhu) kemudian berdoa meminta apa saja* (adabnya dengan didahului puji-pujian kepada Allah dan bershalawat atas Nabi Muhammad SAW, karena Allah SWT menggaransi bahwa do’a-do’a tersebut akan dikabulkan…” Allah sesuai prasangka hamba kepada-Nya”.
Manfaatkanlah waktumu sobat, bukan hanya demi santapan atau berburu makanan saat jelang buka.
Berdo’alah untuk diri kita, keluarga kita, orangtua kita, sahabat kita, negeri kita.
*Musuh-musuh Islam tahu betapa hebat ummat Muhammad SAW bila mereka berdo’a kepada Rabbnya disaat menjelang berbuka.*
Karena itu, mereka buat tipu daya untuk melalaikannya dengan program-program TV dan media lainnya di waktu-waktu yang mustajab yaitu menjelang berbuka dan menjelang sahur (2/3 malam).
Sehingga ummat ini, mereka makan-minum, berpuasa, namun tak sempat untuk berdoa.
Semoga nasehat yang singkat ini bermanfaat bagi umat yang belum mengetahuinya.
أمـــــين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

DIALOG HIKMAH

DIALOG HIKMAH

Seorang Guru ditanya tentang 2 keadaan manusia:

1. Manusia rajin sekali ibadahnya namun sombong, angkuh dan selalu merasa suci.

2. Manusia yg sangat jarang ibadah, namun akhlaknya begitu mulia, rendah hati, santun,lembut dan cinta dg sesama.

Lalu Sang Guru menjawab:

Keduanya baik;

1. Boleh jadi suatu saat si ahli ibadah yg

sombong menemukan kesadaran tentang akhlaknya yg buruk dan dia bertaubat lalu ia akan menjadi pribadi yg baik lahir dan batinnya.

2. Dan yg kedua bisa jadi sebab kebaikan hati-nya, Allah akan menurunkan hidayah lalu ia menjadi ahli ibadah yg juga memiliki kebaikan lahir dan batin.

Kemudian orang tersebut bertanya lagi:

”Lalu siapa yg tidak baik kalau begitu..???”

Sang Guru menjawab:

“Yang tidak baik adalah kita, orang ketiga yg selalu mampu menilai orang lain, namun lalai dari menilai diri sendiri.”.

Hati-hati, hindari kedatangan Ummu Sibyan

>>> Bukan Tamu, Inilah Wanita yang Suka Datang ke Rumahmu Pada Waktu Maghrib!
Memang siapa yang hendak bertamu ke rumah orang pada waktu maghrib? Maghrib adalah saat dimana matahari sudah tenggelam namun masih muncul dengan sinar yang terkadang berwarna oranye atau merah menyala. Pada waktu itulah, seluruh umat Muslim diperingatkan untuk segera menutup pintu dan jendela seraya mengucapkan bismillah agar wanita ini tak datang ke rumah.
Memang siapa wanita itu? Apa yang dia lakukan di dalam rumah kita? Ketahui bahwa dia bukanlah wanita baik, namun bisa saja mencelakakan anak dan wanita yang tengah hamil.
Mungkin ada yang pernah dengar nama Ummu Sibyan atau pun tidak sebelum ini, Ummu Sibyan ini adalah kaum jin dari gender perempuan yang suka mengganggu bayi dan anak yang berusia kurang dari 2 tahun serta wanita hamil. Sebab itulah anak-anak yang baru lahir harus diazankan terlebih dahulu agar bayi itu tidak di ikuti oleh jin ini.
Apa Kerja Jin Ummu Sibyan?

Kerja dia tak lain tak bukan adalah Mengganggu bayi yang baru lahir dan anak-anak (biasanya kurang dari 2 tahun) serta wanita yang hamil. Jin Ummu Sibyan memiliki wajah yang mengerikan dengan mata yang besar dan berjalan di dinding seperti cicak , Ummu Sibyan juga dapat mengikat rahim wanita serta membunuh bayi yang masih dalam kandungan.
Seperti yang di ceritakan dalam kisah “jin Ummu Shibyan Dengan Nabi Sulaiman”, jin ini mengatakan ia bisa masuk dalam rahim orang perempuan dan mengikat rahimnya serta menyumbat dengan tujuan agar kaum itu tidak mengandung.
Diceritakan juga jin ini masuk ke dalam perut orang perempuan yang hamil, di waktu janin di dalam kandungannya sedang tumbuh jin ini akan menendanggnya, maka berlakulah keguguran dan jadilah rahimnya kosong semua.
Sungguh mengerikan bukan? Simak bagaimana tandanya jika seorang Bayi terkena gangguan jin Ummu Sibyan, diantaranya adalah.
1. Bayi menangis melalak (matanya terbelalak memandang keatas/sudut tertentu)

2. Anak-anak jatuh seakan-akan didorong

3. Mengigau sambil menggemerutukkan gigi berulang kali

4. Demam panas hanya setelah Ashar sampai sebelum Subuh
sehingga efek dari gangguan di atas akan mengakibatkan hal seperti ini.

1. Sawan tangis

2. Autisme (over hiperaktif)

3. Nakal dan keras kepala

4. Malas
Tanda-tanda Wanita Hamil Terkena Gangguan Jin Ummu Sibyan.
Rasa sesak dada terutama setelah waktu asar, yang mungkin berlangsung sampai tengah malam

Kusut pikiran

Sakit di bagian tulang-tulang belakang

Mengigau ketika tidur

Bermimpi dengan mimpi yang menakutkan.
Cara Mengelak dari Gangguan Ummu Sibyan
Tutup pintu dan jendela rumah waktu Maghrib

Jangan angkat atau masukkan baju yang sudah dijemur diluar rumah pada waktu Maghrib (jemuran tak kering).
Metode Pengobatan Pada Bayi
Tiarapkan anak, jangan biarkan matanya melihat ke arah itu, baca ayat Qursi dan 3 Surat Qul kemudian tiup ke ubun-ubunnya sampai berhenti menangis. Halau dengan bahasa sendiri seperti misalnya “wahai Ummu Sibyan pergilah kau keluar dari rumahku dan jangan ganggu anak anakku”, Insya Allah Ummu Sibyan akan pergi.
Metode Pengobatan Pada Wanita Hamil
Bacakan doa-doa untuk menghindari setan termasuk doa menghindar sihir seperti (surah al-Fatihah, ayat al-Kursi, surah al-Baqarah, surah Ali-Imran dan surah al -Mu’awwizat) pada satu sendok madu asli dan kurma untuk dimakan setiap hari sebelum sarapan.
Bisa juga di bacakan doa doa pada minyak zaitun untuk di oleskan pada bagian dada dahi dan tulang belikat sebelum tidur.
Itulah beberapa cara untuk menangkal kedatangan jin perempuan yang bisa mencelakakan keluarga. Sayangi keluarga dan jangan biarkan waktu Maghrib menjadi jalan untuk mereka merusak keharmonisan rumah tangga. Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai orang-orang yang beriman dan bertaqwa.
Semoga bermanfaat…..

Renungan 13-05-2017

Kenapa sih pada demen banget belanja di Indomart Alfamart termasuk yg baca.
🙃🙃🙃

Sampe warung warung tetangga yang janda buat nafkahin anak yatimnya jadi sepi. Akhirnya anaknya ditinggalin dia nyari rejeki jadi kuli cuci.

😭😭😭
Kenapa sih pada betah banget bolak balik Superindo padahal sebelah rumah ngewarung. Katanya lumayan juga Indomie disebelah 2500 sebungkus. Di Superindo cuma 2000. Padahal itu ibu nambah duit 500 buat ngasih makan anaknya bekal sekolah.

😰😰😰
Kenapa sih pada betah banget ngabisin duit di Giant, Hypermart, padahal warung depan rumah muslim taat. Saban adzan pake sarung ama peci jalan kemasjid ditinggalin tuh warung demi panggilan AllahSWT TuhanNya.

🤕🤕🤕
Kalaupun beli paling beli terasi, mecin, bahan bahan yang kelupaan kebeli saat belanja bulanan di Swalayan Besar kemarin…

😩😩😩
Aduh kasihan saudara/i kita. Dia susah….. kita nggak tau. Dia berjuang….. kita nggak bantu.

😴😴😴
Padahal kalau kita meninggal, dia yang pada nguburin..
#Gerakan #belanja di #Warung #Tetangga

#bangkitkan #ekonomi #Ummat dg belanja produk Muslim.

#FridayMubarak

*Mhn #bantu #share

Renungan Kamis, 11 Mei 2017

✍ *Renungan Hari Ini*

Oleh : Ustad Bahtiar Nasir

Pertandingan bola : 90 menit

Film serial : 60 menit

Film : 130 menit 

Shalat : 5 menit
Neraka Jahannam : sepanjang hidup

Surga : sepanjang hidup
Mari kita merenung

Whatsapp : 300 kawan

Kontak : 80 kawan

Kawan dikampung : 50 org

Kawan dimasa sulit : 1

Kawan di jenazahmu : keluargamu

Kawan di kubur : kau sendirian
Jangan merasa aneh, inilah kehidupan

Hakikatnya : tak ada yang memberimu manfaat selain sholatmu
Jika kau mendapati debu di mushafmu ( Kitab Alqur’an ) 

Maka Tangisilah dirimu sendiri !
Barangsiapa yg tdk membaca Al-Quran selama 3 hari tanpa ada udzur maka ia dinamakan Hajir / seorang yang meninggalkan Al-Quran
Ulasan : aku tidak memaksamu untuk menyebar luaskan tulisan ini

Akan tetapi sebagai kepatuhan pada Firman Allah Ta’ala :

“Peringatkan lah karena peringatan akan memberikan manfaat pada kaum mukminin”
Alam yang aneh,

Jenazah disusul dengan jenazah . . kematian disusul dengan kematian berikutnya.

Berita tentang kematian terus bermunculan ada yg mati karena kecelakaan ada krn sakit ada yang tiba2 mati tanpa diketahui sababnya semuanya tinggalkan dunia ini dan mereka semua kami kuburkan dan itu pasti.
Hariku dan harimu pasti akan tiba persiapkanlah bekal untuk perjalanan yang tak dapat kembali.
Wahai orang yang menunda Taubat dengan alasan karena masih muda

Maaf.. Kuburan bukanlah tempat untuk orang dewasa saja

( kuburan tempat manusia segala usia )
Sungguh Dunia itu hanya 3 hari :

*Hari Kemarin* : kita hidup disitu, dan tidak akan kembali lagi

*Hari ini* : kita jalani namun tak berlangsung lama

*Besok:* kita tidak akan tahu apa yg akan terjadi

Maka saling memaafkan dan sedekahlah

Karena: aku engkau dan mereka

— akan pergi — meninggalkan gemerlapnya dunia selamanya …
Ya Allah kami memohon pada Mu husnulkhatimah dan beruntung dengan mendapatkan surga dan selamat dari api neraka aamiin ya robbal alamiin
Saudara ku yang mulia:

*Barangsiapa yang hidup dalam suatu kebiasaan maka ia akan mati dengan kebiasaan itu.*
*Dan barangsiapa yang mati dalam suatu keadaan maka ia akan dibangkitkan dalam keadaan tersebut*
Jika kau sudah membaca tulisan ini kau sudah mendapatkan pahala nya, namun bila kau menyebarkannya dan orang lain mendapakan manfaat juga maka akan dilipat gandakan pahala mu Insya Allah. 

*(Ust. Bachtiar nasir)*

%d bloggers like this: