BATASI KONSUMSI MAKANAN INI SAAT BERPUASA

REPUBLIKA.CO.ID, Puasa mengajarkan manusia untuk bersabar sekaligus menahan diri. Karena itu ketika puasa umat Muslim tidak dianjurkan berpesta dengan makanan, melainkan membatasi diri dan memilih makanan serta minuman yang baik untuk tubuh.

Sejumlah bahan makanan dan minuman perlu dibatasi konsumsinya selama berpuasa.  Selain mengganggu pencernaan, bahan makan dan minuman di bawah ini mampu menghambat penyerapan zat-zat penting oleh tubuh.

Pisang
Pisang merupakan sumber potasium, magnesium dan karbohidrat yang baik bagi tubuh. Namun, pisang dapat menyebabkan sembelit. Jika tetap ingin mengkonsumsi pisang saat berpuasa, disarankan mengimbanginya dengan asupan serat yang cukup.

Karbohidrat olahan
Dikutip dari BBC, hanya perlu waktu tiga sampai empat jam untuk mencerna sumber karbohidrat olahan dan makanan cepat saji. Dengan begitu, tubuh menjadi cepat lapar.  Kedua makanan ini banyak mengandung gula dan tepung putih.

Gorengan dan makanan pedas
Gorengan dan makanan pedas memang menyenangkan untuk dikonsumsi. Namun konsumsi yang terlalu banyak, terlebih selama berpuasa dapat menimbulkan masalah pencernaan, seperti asam lambung, mulas dan begah.

Jika terlanjur terlalu banyak mengkonsumsi makanan di atas, sebaiknya segera diimbangi dengan mengkonsumsi makanan kaya serat. Roti gandum, sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan dapat membantu mengurangi masalah pencernaan.

Minuman berkafein
Kopi dan teh sebaiknya dihindari saat sahur.  Terlalu banyak mengkonsumsi kedua minuman di atas dapat menghilangkan garam mineral yang banyak dibutuhkan tubuh pada siang hari.

———-
Presented by:
Lucky STAR SHOP
Suplier Obat Herbal, Alat kecantikan,
Palu – Sulawesi Tengah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: