Bagaimana dengan Sholat Kita?

 Sewaktu pulang dari suatu peperangan, Nabi S.A.W telah bermalam disuatu tempat. Baginda bertanya:

“Siapa yang hendak menjaga kemahku malam ini?”

 

 

Ammar bin Yassir dari kaum Muhajirin dan Abbad bin Basyar dari kaum Ansar telah menawarkan diri masing-masing untuk mengawasi kemah Nabi S.A.W. Kedua-duanya telah ditugaskan berjaga-jaga di puncak sebuah bukit berdekatan dengan tempat Nabi beristirahat. Abbad berkata kepada Ammar: “Marilah bertugas bergiliran setengah hari yang pertama, aku akan berjaga supaya engkau dapat melelapkan matamu. Kemudian engkau berjaga supaya aku dapat melelapkan mataku.” Ammar setuju, dia pun merebahkan badannya lalu tidur dengan nyenyaknya. Sambil menjalankan tugasnya Abbad telah mendirikan sholat.

 

 

Seorang pengintai musuh telah melihatnya lalu melepaskan anak panahnya yang menembus badan Abbad. Melihat keadaan Abbad yang masih berdiri tegak itu, si pengintai tadi melepaskan lagi dua anak panahnya. Abbad kemudian mencabut ketiga anak panah tersebut lantas membangunkankan Ammar. Sementara itu, ketika melihat Ammar bersama-sama Abbad, laskar musuh tadi melarikan diri karena menyangka ada banyak lagi laskar-laskar Islam disitu. Melihat badan Abbad yang berdarah Ammar berkata:

 

“Subhanallah! Mengapa kamu lambat membangunkan aku?”

 

 

Jawab Abbad: “Di dalam Qiraatku, aku telah membaca surah al-Kahfi dan aku enggan memendekkannya.Tetapi ketika anak panah yang ketiga melekat dibadanku, aku merasa bimbang dengan keselamatan Rasulullah. Aku pun segera menamatkan sholatku lalu membangunkanmu. Kalau tidak, sudah tentu aku akan menamatkan pembacaan surah al-Kahfi sebelum ruku’ meskipun aku terpaksa mati dipanah musuh itu.”

 

 

Oleh karena asyik membaca al-Qur’an, Abbad tidak gentar dengan senjata musuh. Nikmat membaca al-Qur’an menyebabkan dia lupa terhadap badannya yang sakit dan berdarah itu.

 

Di zaman sekarang ini, gigitan nyamuk sudah bisa menganggu sholat kita.

 

Begitulah betapa lemahnya iman kita zaman sekarang ini.

 

 

*Renungan pribadi

 

Advertisements

One response to this post.

  1. SubhanaAllah, target tilawah bolong2 jadi malu nich 😦

    Like

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: