Kenapa harus PNS?

Banyak orang yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi. Hal tersebut tidaklah mengherankan, sebab banyak kemudahan yang bisa didapatkan ketika menjadi PNS. Diantaranya; hampir tidak pernah terkena PHK, nominal gaji yang pasti, kemudahan kredit bank, fasilitas, sampai pada tunjangan pensiun. Posisi PNS merupakan posisi paling aman dalam dunia pekerjaan.
Sayangnya, jumlah formasi PNS untuk beberapa bidang sangat terbatas, misalnya untuk formasi tenaga teknis pada suatu daerah dibutuhkan maksimal hanya 2-4 orang, sedangkan jumlah pelamar pada posisi yang sama mencapai puluhan bahkan ratusan orang. Jumlah pengangguran lulusan perguruan tinggi di Indonesia saat ini cukup tinggi hingga mencapai 2,7 juta orang. Apalagi dengan diberlakukannya moratorium penerimaan PNS sejak 01 September 2011 sampai 31 Desember 2012, kecuali untuk tenaga kesehatan dan pendidikan serta tenaga teknis yang sangat dibutuhkan.
Berangkat dari fenomena tersebut, sudah saatnya para fresh graduated memutar otak untuk tidak hanya bergantung pada profesi PNS saja. Dibutuhkan kreatifitas dan kejelian dalam mendapatkan pekerjaan di tengah ketatnya persaingan saat ini. Salah satu solusi yang cukup diandalkan adalah dengan membuka lapangan kerja baru atau menjadi wirausahawan. Memang tidak mudah untuk memulainya. Namun, tidak sedikit orang yang berhasil menggeluti bidang ini. Kerja keras yang kita upayakan di saat memulai kelak akan berbuah manis ketika usaha kita tumbuh dan berkembang dengan baik. Pada saat itulah kita dapat menikmati buahnya. Diawali dengan modal yang kecil sampai pada akhirnya membuka cabang usaha dimana-mana. Selain itu didukung pula dengan hadirnya lembaga-lembaga keuangan baik bank maupun non-bank yang siap membantu calon para pengusaha untuk memulai dan mengembangkan usahanya.
Harapannya, semoga dengan tumbuh suburnya tunas-tunas wirausahwan baru, yang menyerap tenaga kerja, akan mampu menjadi solusi bagi masalah keterbatasan lapangan kerja di indonesia.

Salam sukses.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: